Kamis, 19 September 2013

Mengatasi Error Setup Visual Basic 6.0 Pada Windows 7 32bit dan 64bit

Sekian kali saya ditanya dan diminta tolong untuk menginstall Visual Basic 6.0 Enterprise Edition oleh teman-teman walau mereka telah mengikut petunjuk cara install dari sana sini namun sering mendapatkan error dan tidak bisa dipakai.
Biar bermanfaat untuk semuanya dan tidak mengulang-ulang jawaban saya. Ikuti saja petunjuk di bawah ini. Cara instalasi ini sudah saya test pada Windows 7 baik yang 32 bit dan 64 bit tanpa mendapatkan hambatan sama sekali
Hal penting yang harus anda perhatikan sebelum menginstallnya adalah membuat satu file kosong berekstensi dll (download di sini sudah saya buatkan) lalu simpan di folder C:\Windows dan beri nama MSJAVA.DLL File ini berguna untuk memenuhi satu kekurangn Visual Basic 6.0 ini agar tidak menggunakan file Java, dimana pada saat proses instalasi berlangsung dia akan mencarinya dan bila bila tidak diketemukannya maka Visual Basic 6.0 ini terpaksa menggunakan Java yang lama sehingga windows anda harus di-restart. File MSJAVA.dll kosong ini berguna untuk melewati (bypassing) Java yang udah karatan (usang) agar kita tak perlu me-reboot/me-restart komputer setelah proses install selesai.

Setelah MSJAVA.DLL anda simpan pada direktori C:\Windows/ maka ikuti langkah-langkah sbb:
  1. Matikan UAC; caranya KLIK INI
  2. Masukkan CD Visual Studio 6 CD atau buka dari Virtual drive anda
  3. Jangan diklik Autorun setup bila dia muncul di layar anda.
  4. Cari dimana SETUP.EXE dalam CD atau folder Visual Basic 6.0 Enterprise Edition anda
  5. Klik pakai mouse kanan pada SETUP.EXE dan pilih  Run As Administrator, maka akan muncul tulisan "On this and other Program Compatibility Assistant warnings", Klik saja "Run Program."
    - Klik Next.
    - Klik "I accept agreement" kemudian Next.
    - Masukan nama dan nama organisa/perusahaan anda(di isi sembarang) kemudia klik Next.

6. Pilih Custom Setup terus klik Next.
7. Klik Continue kemudian Ok.
    Tunggu kurang lebih 2 menit sampai ada pilihan sbb:
  •         Microsoft Visual Basic 6.0
  •         ActiveX
  •         Data Access
  •         Graphics
Yang lainnya jangan dipilih dan klik saja Continue untuk melanjutkan langkah berikutnya.
8. Bila tidak memiliki CD MSDN jangan dicentang k install MSDN nya kemudian klik next dan akan muncul semacam pemberitahuan kekurangannya bila tidak menginstall MSDN, abaikan saja dengan klik Accept.

9. Klik skip saja pada instalasi Installshield karena ini hanya pelengkap yang sudah sangat usang dan tidak diperlukan lagi.

10. Klik next lagi untuk melewatkan instalasi Backoffice, VSS dan SNA Server karena tidak begitu penting dan sudah usang pula.

11. Pada dialog selanjutnya lepaskan centangan "Register Now" dan klik Finish.

12. Selesai. Silahkan jalankan VB6 anda pada Start>All Program>Microsoft Visual Studio 6

Catatan Tambahan:
- Biar gak repot-repot cari aplikasinya buat aja short cut di desktop komputer anda.
- Pada Windows 7 ada hal-hal yang sangat mengganggu kala menjalankan VB 6 ini diantaranya kita susah sekali menarik ulur ukuran form yang kita buat pada penampilan design form. Untuk mengatasi hali ini setelah proses instalasi anda berhasil rubahlah kompatibilitasnya pada IDE executable dengan cara:

- Gunakan Windows Explorer cari dimana anda menginstall VB6. Biasanya terletak pada C:\Program Files\Microsoft Visual Studio\VB98\
  
- Klik pakai mouse kanan pada VB6.exe dan pilih property-nya lalu klik pada Compatibility lalu centang semua ini:
  • Run this program in compatibility mode for Windows XP (Service Pack 3)
  • Disable Visual Themes
  • Disable Desktop Composition
  • Disable display scaling on high DPI settings
Setelah proses di atas seharusnya Visual Basic anda berjalan normal. Silahkan download aplikasinya berikut cd-key dan pelengkapnya di bawah ini:
Visual Basic 6.0 Enterprise Edition
CD-KEY
MSJAVA.DLL

-->